Oraganisasi Asia Tenggara

Share:

ASEAN


Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Perbara) atau biasa  di sebut dengan sebutan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok,8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkokoleh Indonesia,Malaysia,Filipina,Simgapura,dan Thailand.Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.

ASEAN meliputi wilayah daratan seluas 4.46 juta km² atau setara dengan 3% total luas daratan di Bumi, dan memiliki populasi yang mendekati angka 600 juta orang atau setara dengan 8.8% total populasi dunia. Luas wilayah laut ASEAN tiga kali lipat dari luas wilayah daratan. Pada tahun 2010, kombinasi nominal GDP ASEAN telah tumbuh hingga 1,8 Triliun Dolar AS. Jika ASEAN adalah sebuah entitas tunggal, maka ASEAN akan duduk sebagai ekonomi terbesar kesembilan setelah Amerika Serikat,Cina,Jepang,Jerman , Perancis,Brazil, Inggris, dan Italia.


Motto                                 : “One Vision, One Identity, One Community”
                                                 “10 countries, 1 identity”
Lagu                                  : “The ASEAN Way”
Bahasa Resmi                   : Bahasa Indonesia
Demonim                          : Southeast Asian
Sekretariat ASEAN         :  Jakarta - Indonesia
Negara Anggota               : 10 Negara
Pemerintahan                   :  - Organisasi Regional
                                              - Ketua KTT ASEAN ➯ Indonesia
                                              - Sekretaris Jendral     ➯ Surin Pitsuwan
Zona waktu                       : ASEAN (UTC+9 to +6:30)


 

A. 5 Tokoh Pendiri ASEAN

     1. Adam Malik          ➯ Indonesia
     2. Tun Abdul Razak  ➯ Malaysia
     3. Thanat Khoma      ➯ Thailand
     4. Narciso Ramos     ➯ Filipina
     5. S. Rajaratnam       ➯ Singapura

B. Negara Anggota ASEAN   

Sekarang, ASEAN beranggotakan semua negara di Asia Tenggara. Berikut ini adalah negara- negara anggota ASEAN:

  • Indonesia (negara pendiri ASEAN)
  • Filipina (negara pendiri ASEAN)
  • Malaysia(negara pendiri ASEAN)
  • Singapura (negara pendiri ASEAN)
  • Thailand (negara pendiri ASEAN)
  • Brunai Darussalam bergabung pada ( 7 Januari 1984 )
  • Vietnam bergabung pada ( 28 Juli 1995 )
  •  bergabung pada  (23 Juli 1997) ( Laos dan Myanmar bergabung pada waktu yang sama)
  • Myanmar bergabung pada (23 Juli 1997) ( Laos dan Myanmar bergabung pada waktu yang sama)
  • Kamboja bergabung pada (16 Desember 1998 )

C. Isi Deklarasi Bangkok adalah sebagai berikut :
  • Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara
  • Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional
  • Meningkatkan kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi
  • Memelihara kerja sama yang erat di tengah - tengah organisasi regional dan internasional yang ada
  • Meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara
D.  Latar Belakang Berdirinya ASEAN 
     Berdirinya ASEAN dilatarbelakangi oleh faktor-faktor sebagai berikut. 

  1.       Persamaan Letak Geografis  
      Seluruh negara-negara di Asia Tenggara terletak di antara dua benua, yakni Benua Asia dan  Benua      Australia, dan di antara dua samudera yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Jadi, berdasarkan letak geografis, negara-negara tersebut merupakan satu regional atau satu kesatuan wilayah.
  2.      Persamaan Dasar Kebudayaan 
      Kawasan Asia Tenggara mempunyai dasar kebudayaan dan bahasa serta tata kehidupan dan pergaulan  yang hampir sama, karena mereka sebagai pewaris peradaban rumpun Melayu Austronesia.
  3.       Persamaan Nasib 
      Negara-negara Asia Tenggara sama-sama dijajah oleh bangsa Barat, kecuali Thailand. Itulah yang  menumbuhkan rasa setia kawan antara bangsa-bangsa di Asia Tenggara.
  4.      Persamaan Kepentingan
    Negara-negara di Asia Tenggara membutuhkan daerah perairan laut, terutama Selat Malaka dan Selat  Sunda yang merupakan pintu gerbang di sebelah barat dan menjadi jalan utama bagi lalu lintas serta perdagangan dunia.
 
Di samping itu, adanya kepentingan bersama baik di bidang ekonomi, sosial-budaya, maupun keamanan dan stabilitas politik kawasan, merupakan latar belakang dibentuknya ASEAN. 

   E. Tujuan ASEAN
    

1.        Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, serta pengembangan kebudayaan di   kawasan Asia Tenggara.
2.        Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional.
3.        Meningkatkan kerjasama yang aktif serta saling membantu satu sama lain dalam masalah ekonomi, sosial, budaya, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi.
4.       Saling memberikan bantuan dalam bentuk sarana-sarana latihan dan penelitian dalam bidang-bidang pendidikan, profesional, teknik, dan administrasi.
5.        bekerjasama dengan lebih efektif dalam meningkatkan penggunaan pertanian serta industri, perluasan perdagangan komoditi internasional, perbaikan sarana pengangkutan dan komunikasi serta peningkatan taraf hidup rakyat.
6.        meningkatkan studi-studi tentang Asia Tenggara.
7.        Memelihara kerjasama yang erat dan berguna bagi organisai-organisasi internasional dan regional yang ada dan bertujuan serupa. 

F. Manfaat ASEAN bagi Indonesia


Dengan keberadaan ASEAN untuk bangsa Indonesia tentunya sangat memberikan dampak positif untuk negara tercinta ini, oleh sebab itu sejak berdirinya Indonesia tidak pernah lepas atau keluar dari ASEAN.Manfaat ASEAN :


  • Dalam Bidang Ekonomi

Keberadaan Indonesia dalam anggota ASEAN telah memberikan dampak positif untuk negara ini, yang merupakan salah satunya yakni dari sektor ekonomi. Terjadinya hubungan perdagangan ( ekspor dan impor ) antara Indonesia dengan negara-negara ASEAN lainnya. Selain itu juga Indonesia mendapatkan modal atau dana investasi dari negara-negara ASEAN lainnya yang digunakan sebagai dana untuk pembangunan dinegara ini.

  • Dalam Bidang Politik

Dalam bidang politik negara-negara dikawasan Asia Tenggara telah mengakui kedaulatan negara Indonesia serta tidak punya keberanian dalam melakukan intervensi politik kepada negara ini. Dengan adanya hal ini maka ancaman yang datang kepada Indonesia dapat ditekan atau diminimalisir. Negara-negara ASEAN lainnya juga mengakui dan menghormati sistem politik dalam dan luar negeri Indonesia.

  • Dalam Bidang Sosial

Tentunya bangsa Indonesia juga mendapatkan manfaat dari keberadaannya sebagai salah satu anggota ASEAN misalnya saja dalam bidang sosial. Masih ingat kejadian Tsunami di Aceh pada saat itu beberapa negara ASEAN telah memberikan bantuan kepada Negara Indonesia baik berupa moril maupun juga materi. Dan selain itu juga banyak kejadian-kejadian di Indonesia yang telah banyak dibantu oleh negara-negara ASEAN lainnya.

  • Dalam Bidang Budaya

Bidang kebudyaan tentunya ada juga manfaat dari ASEAN kepada Indonesia, dengan pertukaran pelajar merupakan salah satu dari sekian banyak sekali manfaat kehadiran ASEAN untuk Indonesia, banyak pelajar-pelajar Indonesia yang telah menuntut ilmu di negara-negara tetangga. Selain itu juga ada pementasan atau pertunjukan kesenian-kesenian atau kebudayaan-kebudayaan Indonesia dinegara-negara Asia Tenggara.
 

                                                                                    
                                                                    Mohon Maaf apabila ada kesalahan


                                               Semoga Membantu


                                                                 


No comments